Senin, 06 April 2009

analisis web sumedang



Sebuah Web, akan selalu tertarik dalam isi, bahasan, serta perpaduan dari warna yang ada dalam web tersebut, sehingga orang yang melihat akan merasa enak saat memasuki web tersebut.
Tak hanya dalam sebuah lambang atau bentuk, api melainkan arti dari simbl-simbol yang ada dalam web tersebut.
Disini, saya tertarik untuk menganalisis sebuah web yang dimiliki oleh pemerintah daerah kabupaten sumedang. Dimana, tidak hanay logo, warna serta jenis design yang ada, namun bahsan yang pas buat web itu sendiri.
Ini merupakan web milik pemerintah daerah kabupaten sumedang, yang mana saya tertarik untuk menganalisis web tersebut. Baik itu dari segi tampilan serta kombinasi warna yang ada.

pertama yang saya analisis adalah adalah dari sebuah nama singkatan SUMA-W-On, yang mana kepanjangan dari Sumedang Wilujeung Online yang menurut saya adalah dari gaya penulisan formal tidak formal, karena, menurut saya, untuk web pemerintahan, diharuskan agar memakai tulisan yang biasa atau formal seperti time new roman, atau arial biasa.tapi klo untuk menarik perhatian, saya rasa boleh juga.
Selain itu, untuk perpaduan warna yang ada dalam web tersebut, adalah diberinya warna hijau muda dan putih, tetapi warna hijau yang ada didalam web tersebut terlalu muda, sehingga karakteristik dari web tersebut tidak terlalu menonjol.
Karena menurut saya, warna hijau yang terlalu muda, melambangkan kelemahan dan lesu, namun bila warna hijau diberi sedikit tua, maka akan menghasilkan warna yang lumayan enak untuk di lihat. Dan perpaduannya diganti dengan warna orange untuk lebih memperjelas, bahwa orange adalah warna yang bisa menghasilkan perpaduan yang enak.
Selain dari tu, dari segi background belakang saya rasa seharusnya pake gambar atau pun lambing dari lambing pemda sumedang senidiri Atau dari gambar hasil karya dari kota masyarakat sumedangnya….
untuk bentuk dalam web ini, saya merasa kurang yambung dengan tema yang sesungguhnya, karena dalam bentuk ini terlihat kurang pas antara warna tulisan dengan latar yang bergambar. karena perpaduan warna dominan hijau muda dengan tulisan silver ini tidak menghasilakan visual yang membuat perhatian.
dari segi typograpinya cukup lumayan nyambung dengan formal yang seharusnya, karena, untuk web yang dimilki oleh pemerintahana seharusnya demikian. karena untuk menggunaan jenis hurup ini sangat formal biasa. dengan menggunakan time new roman, adalah paduan huruf yang mengidentifikasikan bahwa web pemerintah sesuai dengan keformalan tulisan. namun sebagai warga sumedang, saya melihat untuk sebuah moto dan jenis tulisanya, saya melihat pemerintah kurang menyampaikan kepada warganya, sehingga untuk moto tersebut baru diketahui oleh saya ketika melihat web ini.
ini merupan masukan dari saya terhadap web sumedang, yang diharapkan perubahan serta design ulang terhadap tampilan-tampilan yang ada, serta perpaduan warna yang diharapkan dapat menarik perhatian pembaca.

Tidak ada komentar: